HANYA DUA HAL YANG DIMILIKI OLEH SESEORANG YANG KURANG BERILMU,
YANG PERTAMA ADALAH ' EMOSI ' DAN YANG KEDUA ADALAH ' NAFSU '

09 Juni 2008

Sombong


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini ijinkanlah saya untuk memberikan beberapa wacana lagi. Untuk kali ini saya coba mengulas tentang sombong. Saya sangat tertarik dan sukan sekali dengan topik yang satu ini. Saya sempat membaca di salah satu situs yang mengulas masalah sombong ini. Setelah saya baca ternyata isinya lumayan juga. dan mudah-mudahan pembahasan saya ini dapat membawa manfaat bagi saudara-saudara sekalian.

Sebenarnya sifat sombong ini tidak terdapat pada peraturan perundang-undangan di negara manapun. jadi meskipun ada seseorang berbuat sombong sebesar apapun dan kepada siapapun, maka orang tersebut tidak akan mendapat suatu tindakan hukum oleh pihak yang berwajib atau dengan kata lain tidak akan menerima hukuman apapun dari pemerintah.

Adapun penyebab orang itu menjadi sombong, mungkin saudara-saudara sekalian sudah tau apa penyebabnya. Diantaranya adalah kurangnya iman yang dimiliki oleh orang tersebut, ilmu yang dimiliki lebih dari orang lain, amal ibadahnya lebih banyak, kecantikan, ketampanan, kekayaan, keturunan, kekuasaan, kekuatan, pengikutnya lebih banyak dan lain sebaigainya. Dari penyebab di atas memang Allah dan Rasul-nya tidak memberikan sanksi-sanksi secara langsung. Tetapi Allah dan Rasul-nya sudah memperingatkan kepada kita, baik dalam kitab suci Al-Qur'an maupun Hadits, bahwa kita diakhirat kelak akan mendapatkan balasannya dan tidak bisa mengelaknya.

Banyak sabda-sabda Rasulullah SAW yang memperingatkan kita agar kita tidak terjerumus dari sifat sombong. Misalnya " Tidak akan masuk surga orang yang dalam lubuk hatinya terdapat perasaan sombong (arogan) walaupun cuma sebesar atom ". Sabda Rasulullah SAW tersebut menyebutkan " dalam lubuk hati ", ini kalau kita dalam hati sudah memiliki rasa sombong meskipun tidak diungkapkan secara terang-terangan atau secara perbuatan maka kita tidak akan bisa masuk surga. Apalagi orang yang bersifat sombong secara terang-terangan tanpa ada rasa takut sedikitpun.

Tadi di atas kita sudah sama-sama membahas penyebab orang sombong. Sekarang coba kita cari tanda-tanda orang sombong. mungkin disini saya berpendapat bahwa tanda-tanda orang sombong adalah, ketiadaan iman, kufur nikmat, lupa akan kekuasaan Allah, kikir, dan lain sebagainya. hal tersebut bisa menyebabkan orang lupa diri dan menyebabkan dapat bertindak sewenang-wenang seperti Fir'aun.

Memang sifat sombong secara langsung tidak akan merugikan lingkungan sekitar atau masyarakat. tetapi kalau kita lakukan secara terus-menerus hal tersebut, maka secara tidak langsung orang-orang di sekitar kita akan mereasa tersinggung. Mungkin kalau orangnya termasuk sabar, hal tersebut bukanlah masalah. Tetapi kalau orangnya termasuk emosional atau tempramental, maka hal tersebut bisa sangat berbahaya sekali.

Saya disini hanya sekerdar berbagi beberapa tips aja buat saudara-saudara sekalian. Sebenarnya di dalam ajaran islam sendiri ada berbagai macam cara untuk mengobati sifat sombong. Ada 2 cara untuk mengobati sifat sombong, yaitu dengan cara ritualistik dan moralistik. Kalau ritulistik, kita coba membiasakan membaca bacaan dzikir. Misalnya bacaan Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar. Kemudian kalau dengan cara moralistik, kita coba membiasakan diri untuk toleransi, tenggang rasa, suka menolong terhadap orang lain dan sering-seringlah meminta maaf kepada orang lain jika kita berbuat kesalahan. Dari kedua cara diatas, memang sangat sulit sekali dilakukan. Tetapi itu hanya faktor latihan saja, kalau kita melatih diri kita secara terus menerus. Maka hal tersebut akan menjadi suatu kebiasaan yang malahan tidak bisa kita tinggalkan. dengan cara ini Insya Allah bisa bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian. Tetapi apabila menurut anda tips ini kurang masuk akal, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Karena saya juga seorang manusia biasa yang memiliki terlalu banyak kekurangan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: